Bagaimana Cara Mulai Berjualan di Blibli.com?

Blibli.com merupakan platform marketplace menarik bagi Anda yang ingin memulai untuk berjualan secara online. Cara untuk mulai berjualan di Blibli.com juga sangat sederhana, sehingga Anda tidak perlu bingung bagaimana untuk mengelolanya. Blibli.com menyediakan fitur yang mudah dipahami.

 

Tahapan yang harus dilakukan untuk berjualan di Blibli.com sebenarnya tidak ribet dan bisa dilakukan dengan waktu yang singkat. Anda bahkan bisa mulai mencoba berjualan di Blibli.com ini secara mandiri. Berikut adalah cara agar Anda bisa memulai untuk berjualan di platform Blibli.com


Menyiapkan Akun Toko
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan akun toko terlebih dahulu. Anda harus mendaftar akun toko menggunakan email dan nomor telepon yang masih aktif. Jangan lupa untuk menyiapkan password dengan kombinasi yang susah ditebak orang lain untuk mengamankan toko.


Pada saat membuat akun toko ini Anda harus menentukan nama yang unik agar bisa menarik perhatian pembeli. Nama akun ini akan mencari ciri khas dari toko online Anda, sehingga nantinya pembeli tidak akan merasa kesulitan saat mencarinya di platform tersebut untuk melakukan pemesanan.


Pendaftaran akun toko ini memerlukan beberapa informasi yang harus Anda isikan dengan benar. Salah satunya adalah identitas pemilik toko berdasarkan KTP, sehingga Anda harus menyiapkan dokumen tersebut. Isikan pula alamat toko dengan benar untuk keperluan pengiriman nantinya.


Melakukan Pengisian Rekening dan Tahap Verifikasi
Sebelum memulai berjualan Anda harus melakukan pengisian nomor rekening yang masih aktif terlebih dahulu. Nomor rekening tersebut berguna untuk mengirimkan pembayaran atas pesanan yang dilakukan oleh pelanggan. Pihak Blibli.com yang akan mentransfer pembayaran tersebut kepada Anda.


Transfer total pesanan pelanggan ini tentu saja akan dilakukan secara berkala sesuai durasi yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa nomor rekening yang dimasukkan sudah benar dan masih aktif, sehingga bisa menerima pendapatan dari Blibli.com tersebut.


Tahapan berikutnya setelah melakukan pengisian rekening yang masih aktif adalah verifikasi. Proses verifikasi tersebut membutuhkan waktu beberapa saat, sehingga Anda harus menunggunya. Apabila proses verifikasi sudah selesai, maka akun toko siap digunakan untuk memasarkan produk.


Mulai Mengisi Toko dengan Produk yang Dijual
Apabila akun toko sudah siap, maka kini adalah saatnya untuk melakukan pengisian produk yang dijual. Hal pertama yang perlu dimasukkan tentu saja adalah foto produk. Pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan foto produk yang menarik dan diambil dari beberapa angle berbeda dengan kualitas tinggi.
Gunakan foto produk yang beresolusi tinggi, sehingga calon pelanggan bisa melihat setiap detailnya dengan jelas. Anda bisa mencoba untuk mengambil foto produk dengan angle yang biasa dilakukan oleh fotografer profesional.


Setelah itu, Anda harus mengisi deskripsi produk secara detail, mulai dari nama, varian, hingga kegunaannya. Anda juga bisa mencantumkan panduan penggunaan apabila diperlukan. Deskripsi produk yang jelas akan memudahkan pelanggan, sehingga tidak perlu bertanya.


Menetapkan Harga Sesuai Pasaran
Pada saat mulai mengisi produk ke dalam akun toko, Anda tentunya juga harus menetapkan harga. Pastikan bahwa harga yang Anda tetapkan untuk produk tersebut sesuai dengan pasar. Anda bisa mulai berjualan di Blibli.com dengan meriset harga produk yang dijual di pasaran.


Hindari untuk memasang harga yang lebih tinggi dari pasaran karena akan membuat tidak lakunya produk Anda. Namun, hindari juga untuk menjual produk jauh lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata agar tidak merusak harga pasar dan berpotensi menimbulkan kerugian.